10 Film Science dan Science Fiction yang Menginspirasi

10 Film Science dan Science Fiction yang Menginspirasi. Di postingan kali ini ane bakal berbagi info dan mengajak agan sekalian bertukar Pikiran dan referensi tentang film gan. Nah salah satu genre film yang menurut ane terbaik dan menarik adalah film tentang sains dan science-fiction gan film yang mengangkat kisah seorang ilmuwan besar di dunia, ataupun film yang didalamnya terdapat bagian penting dari pengetahuan alam seperti matematika, fisika, kimia ataupun biologi, astronomi dan lainnya gan menurut ane film - film yang bertemakan tentang fiksi ilmiah ini selain seru tentu saja bisa memberikan sedikit wawasan bagi kita dan juga bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk lebih mendalami hal - hal yang berbau ilmiah dengan cara yang asyik dan gak menjenuhkan Lanjut gan di sini ane bakal bagian beberapa film bertemakan ilmuwan dan fiksi ilmiah yang menurut ane bisa memberikan inspirasi bagi yang menontonnya gan apa saja kah film - film itu? monggo dilanjut gan:

01. Interstellar
Interstellar image dari flickr creative common
Interstellar image dari flickr creative common.

Film ini disebut-sebut sebagai film science fiction terbaik sepanjang sejarah gan. Dengan kedalaman pengetahuan yang mendekati realitas dalam penyajian alur ceritanya. Tak hanya itu, film ini pun menjadi film yang mengundang banyak pujian dari ilmuwan di dunia film ini mengisahkan para penjelajah luar angkasa yang terbang melintasi lubang cacing untuk mencari planet baru yang dapat dihuni manusia gan

Teori fisika tentang lubang cacing, gravitasi dan dimensi memang menjadi sangat menarik perhatian bukan hanya bagi pelajar fisika, astronomi tetapi juga bagi masyarakat awam. Ilmuwan menyatakan bahwa lubang cacing yang digambarkan dalam film ini hampir mendekati teori yang saat ini ditemukan gan Sehingga tak heran film 2014 lalu ini, yang dibintangi Anne Hathaway masuk dalam daftar Box Office dan berada diurutan ke 22 film terbaik dan terpopuler sepanjang masa.

2. Gravity
gravity film logo sumber wikipedia
gravity film logo sumber wikipedia
Tahun 2013, film Science-Fiction fenomenal Gravity yang dibintangi Sandra Bullock menjadi film paling ramai diperbincangkan bukan hanya saja oleh kalangan awam namun juga ilmuwan dunia. Pro dan kontra teori dari film gravitasi banyak dikritik namun tetap diacungi jempol gan

Beberapa diantaranya kritikan bahwa satelit di ruang angkasa sangat kecil kemungkinannya tertabrak batu-batu asteroid dan sangat tidak mungkin melakukan perjalanan dari satu satelit ke satelit lain hanya menggunakan pakaian astronot karena letaknya yang sangat jauh

Film Gravity menceritakan seorang insinyur medis bernama Ryan Stone (Sandra Bullock) sedang dalam misi pertamanya menggunakan pesawat ulang alik milik NASA. Ia ditemani astronot berpengalaman bernama Matt Kowalsky yang diperankan oleh George Clooney Namun sesuatu yang tidak diinginkan terjadi ketika mereka sedang melakukan spacewalk atau berjalan di luar angkasa, bagian dari sebuah satelit lepas dan menghancurkan hampir seluruh pesawat ulang alik mereka gan Meninggalkan mereka dalam keadaan udara terbatas. Tanpa bisa berkomunikasi dengan bumi, Merekapun pun harus saling bekerja sama untuk hidup gan

Film ini pun tetap menjadi salah satu film terbaik dari science-fiction. Bahkan Sandra Bullock kembali masuk nominasi Oscar sebagai aktris utama Layak di tonton banget dah gan film ini, cerita dan latar yang berada di ruang hampa luar angkasa sangat menonjol dan terasa di film ini.

3. A Beautiful Mind
A Beautiful Mind sumber flickr creative common
A Beautiful Mind sumber flickr creative common
Film yang dibintangi Russell Crowe ini bisa dibilang merupakan salah satu film tentang ilmuwan terbaik yang ada gan
Peran Russell Crowe sebagai John Nash sangat mengagumkan. Bernama lengkap John Forbes Nash, ia adalah seorang matematikawan asal Amerika yang teorinya banyak mempengaruhi pasar ekonomi, akuntansi, komputer, biologi, politik dan militer

Film ini menceritakan tentang kisah perjuangan seorang ahli matematika genius yang bernama John Forbes Nash, yang berhasil menciptakan konsep ekonomi yang kini dijadikan sebagai dasar dari teori ekonomi kontemporer. Selama Perang Dingin berlangsung, Nash mengidap schizophrenia yang membuatnya hidup dalam halusinasi dan selalu dibayangi ketakutan gan hingga ia harus berjuang keras untuk sembuh dan meraih hadiah Nobel tahun pada tahun 1994

Yang menjadi menarik adalah film ini di buat berdasarkan kisah nyata gan, sehingga aura kisah hidup dan perjuangan sang tokoh utama sangat terasa dan pemeran tokoh utamanya pun sangat bagus aktingnya, sehingga membuat kita juga terbawa alur cerita dan semakin penasaran dengan perjuangan sang tokoh Tonton aja dah gan biar juragan tau sendiri dan menilai film ini bagus apa kagak.

4. The Imitation Game
The Imitation Game movie sumber creative common flickr
The Imitation Game movie sumber creative common flickr
Ane rasa film yang satu ini tidak asing bagi agan sekalian film The Imitation Game mengisahkan tentang seorang matematikawan besar yang berkiprah dalam perang dunia ke II dan menjadi orang pertama dalam menemukan komputer yang kita gunakan hari ini gan

Ia adalah Alan Turing yang diperankan Benedict Cumberbatch sebagai peran utama. Alan Turing menjadi matamatikawan besar dengan usahanya memecahkan kode enigma. Untuk usahanya tersebut Alan menciptakan sebuah alat yang kemudian disebut komputer dan Cryptographer gan seru dah gan nih film tentunya membawa kita untuk sedikit mikir.

5. October Sky
Jake Gyllenhall di pemeran film October sky sumber wikipedia creative common
Jake Gyllenhall di pemeran film October sky sumber wikipedia creative common
Film dengan latar belakang kisah nyata dimasa perang dunia ke II ini sangat sarat ilmu dan makna kehidupan gan Film ini menceritakan tentang perjuangan anak muda di sebuah desa pertambangan dalam memperoleh beasiswa kuliah dengan cara mengikuti science fair nasional, tentu saja itu tidak mudah melalui uji coba uji coba yang gagal belum lagi sang ayah tidak mendukung banyak pelajaranya dah gan dari film ini

Mulai pertentangan antara ayah dan anak hingga perjuangan belajar ditengah sulitnya kehidupan, sampai kisah persahabatan yang membuat kita tahu betapa penting nilai sahabat gan bagi yang udah nonton pasti tau betapa menyentuhya film ini.





6. The Aviator

Film ini berkisah tentang seorang yang mempunyai kepribadian obsesif-compulsif gan bercerita tentang pria yang berprofesi sebagai sutradara yang terobsesi dengan segala hal yang berhubungan dengan penerbangan. Ia pun mahir mengendarai pesawat terbang. Film yang disutradarainya berhasil membawanya menjadi pria Amerika yang sukses, tapi itu tidak membuatnya cukup puas hingga akhirnya ia mengalami gangguan jiwa gan.

7. Apollo 13

Kalo film yang satu ini salah satu film lama, film ini didasarkan pada peristiwa Apollo 13 yang memiliki misi ke bulan, astronot Jim Lovell (Tom Hanks), Fred Haise (Bill Paxton) dan Jack Swigert (Kevin Bacon) menemukan segala sesuatu berjalan sesuai rencana setelah meninggalkan orbit Bumi. Namun, keadaan berubah ketika tangki oksigen meledak, pendaratan di bulan pun dijadwalkan gagal Ketegangan berikutnya terjadi dalam kru dan banyak masalah teknis mengancam kelangsungan hidup para astronot tersebut gan.

8. The Theory of Everything

Yang ini juga gak asing gan, pasti sudah banyak yang nonton juga film ini menceritakan tentang kisah dari fisikawan terkemuka dunia yang masih ada yakni Stephen Hawking dengan istri tercintanya Film ini juga penuh dengan isnpirasi kehidupan gan, bukan cuma tentang kisah cintanya saja, tetapi juga tentang semangat untuk belajar dan terus berjuang dalam menghadapi berbagai macam masalah dalam hidup.

Bagus dah nih film gan, sang aktor utama sangat bagus dan handal dalam memerankan aktingnya, sampe film yang tayang 2014 lalu ini, masuk 5 nominasi Oscar dan meraih 1 piala Oscar dalam kategori aktor utama terbaik yang diperankan oleh Eddie Redmayne.

9. The Day After Tomorrow

Film yang dibintangi Jake Gyllenhaal ini berkisah tentang isu dunia yang masih diperbincangkan hingga saat ini, yakni Global Warming dan perubahan iklim dunia gan dalam film ini kejadian mengerikan mulai banyak terjadi di dunia, dari es kutub yang mencair hingga gelombang pasang air laut yang menghantam daratan, dan badai salju es yang membawa bumi kembali ke jaman es.

Film ini memang menggambarkan ketika perubahan iklim mencapai puncak dibandingkan teroinya saat ini ya gan, yang artinya kejadian di film ini masih jauh dibandingkan dengan teori tentang iklik dan cuaca saat ini. tapi tetap saja film ini sangat menarik dan bikin deg degan gan sayang banget dah kalo dilewatkan.

10. The Martian

Film The martian ini berkisah tentang seorang astronot bernama Mark Watney yang diperankan Matt Damon, berjuang bertahan hidup di Mars seorang diri gan Mark ditinggalkan oleh timnya setelah dianggap tewas pasca diterjang badai di planet tersebut. Dengan perlengkapan seadanya, Mark harus mencoba mengirim signal ke bumi untuk memberitahukan bahwa dirinya masih hidup.

Ok gan sekian dulu ya...

0 komentar